Jurusan Ilmu Aqidah Dapat Akreditasi “A” Untuk Pertama Kalinya di IAIN Surakarta

SINAR- Buah hasil kerja keras pun datang dari Jurusan Ilmu Aqidah (IA) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Visitasi reakreditasi pada 9-11 November 2016 lalu berbuah nilai akreditasi A untuk jurusan tersebut.

Ketua Jurusan IA, Dra. Siti Nurlaili Muhadiyatiningsih, M.Hum tampak lelah namun sangat sumringah saat ditemui Sinar di ruang kerjanya. Ketika ditanya oleh Sinar tentang pencapaian nilai akreditasi A oleh IA, beliau makin semangat sambil membenahi posisi duduknya.”Ya, benar, jurusan Ilmu Aqidah meraih akreditasi A. Meski belum ada surat resminya, namun kami sudah melihat pengumuman tersebut pada portal resmi BAN-PT,” terangnya (23/1).

http://ban-pt.kemdiknas.go.id/hasil-pencarian.php

Jurusan yang sudah berdiri sejak tahun 1992 ini telah terakreditasi B sejak tahun 2008, kemudian reakreditasi lagi pada tahun 2013 dengan hasil yang sama. Namun usaha keras dari seluruh civitas akademi kini tak sia-sia, nilai amat baik telah dikantongi Jurusan IA.

Keunggulan Jurusan IA adalah pada SDM dosen yang hampir 70 persen sudah bergelar doktor, dan 7 dari 8 dosen sudah berpangkat Lektor Kelapa. Selain itu, kami juga unggul dalam hal alumni. Banyak lulusan IA yang telah terserap oleh pasar kerja dengan profesi yang variatif, mulai dari wirausahawan, dosen, guru, peneliti, konsultan, dsb. Kerjasama yang kami jalin dengan pihak luar pun menjadi poin plus tersendiri karena kerjasama telah sesuai dengan profil lulusan, seperti kerjasama dengan Balitbang, Pemprov Jateng, dan Pondok Pesantren se-Soloraya dan beberapa di luar Solo.

“Jurusan IA yang beberapa kali berganti nama telah mengalami pasang surut yang luar biasa. Kami pernah mendapati satu angkatan yang hanya memiliki kurang dari 5 mahasiswa. Sehingga beasiswa Kajian Khusus  Keislaman pun diadakan untuk menarik minat para calon mahasiswa dan program konversi mata kuliah bagi lulusan pondok pesantren. Semenjak itu, mulai tahun 2006 perkembangan kami dari segala sisi pun berubah secara signifikan. Kami sangat berharap agar nilai A ini mampu membawa perbaikan lagi baik di tingkat jurusan, fakultas maupun lembaga dan menjadi penyemangat jurusan-jurusan yang lain untuk meraih yang terbaik. Jika kami mampu, saya yakin jurusan lain pun mampu. Pada akhirnya, semoga akreditasi A membawa berkah bagi semua,” jelasnya panjang lebar.

Terpisah dengan Kajur, Wakil Dekan Bidang Akademik, Drs. H. Ahmad Hudaya, M.Ag saat ditemui di ruang kerjanya mengucapkan syukur Alhamdulillah, usaha keras siang malam, berbulan-bulan bersama para civitas akademi yang lain telah terbayar. “Dengan akreditasi A, saya yakin daya tawar kita semakin tinggi, citra pun semakin bagus. Target kami di tahun 2017 akan membuka dua kelas besar dengan kuota per kelas 40 mahasiswa,” pungkasnya. (Yin/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta