Bg

Rintis Ma’had Al Jamiah, Diharapkan Ada Transfer Of Value Dari Para Mahasantri

Diterbitkan tanggal 24 Maret 2017

SINAR – Sejumlah 21 mahasantri menghadiri acara Pengarahan Program Ma’had Al Jamiah IAIN Surakarta Tahun 2017. Pengarahan berlangsung siang hari di Aula Rektorat lantai 3 kampus setempat, Jumat (24/3).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan Ma’had Al Jamiah, Dr. Syamsul Bakri mengatakan bahwa Ma’had merupakan bagian dari kontribusi mahasiswa untuk membesarkan IAIN Surakarta. “Hari ini adalah salah satu program rekruitmen. Tahun ini adalah tahun pertama Ma’had Al Jamiah sejak IAIN Surakarta berdiri. Ke depan akan ada bangunan Ma’had Al Jamiah untuk santri secara bertahap,” terangnya. “Mahasiswa sekaligus mahasantri harus menguasai kitab kuning dan kitab putih (baca: textbook akademik). Rumah kontrakan yang disediakan gratis namun belum ada isinya. Sekiranya butuh sebuah tirakat atau bersusah-sudah dahulu untuk menggapai yang lebih baik,” imbuhnya.

Senada dengan perkataan WR III, Rektor IAIN Surakarta dalam arahannya menekankan agar mahasantri selalu mengejar “nilai”. “Janganlah memaknai nilai sebatas IPK tinggi. Nilai lebih dari sekedar score. Sistem asrama tidak hanya mengajarkan ilmu namun juga nilai kehidupan yang berharga dan bersifat jangka panjang. Diharapkan boarding ada transfer of value nya,” paparnya. “Kalian para mahasantri harus berani bertarung melampui kemampuan dan sekaligus menjadi mahasiswa yang bertanggung jawab serta menunjukkan prestasi akademik dan non akademik karena kalian sudah dibayari oleh Negara,” sambungnya menyemangati para mahasantri.

Pada agenda terakhir, Rudi Hartono, Kabag Akedemik dan Kemahasiswaan memberi arahan teknis tentang pelaksanaan Ma’had Al Jamiah ini. Beliau menjelaskan tentang lokasi Ma’had, hak dan kewajiban mahasantri, tata tertib mahasastri di masyarakat, serta membantu pembentuk kepengurusan harian Ma’had. Pada akhirnya, mahasantri sangat diharapkan bisa menempati Ma’had yang telah disediakan mulai Senin depan (27/3).  Semoga mahasantri dapat menunjukkan prestasi terbaiknya selama satu tahun kedepan. (Yin/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.