Career Development Planning FITK IAIN Surakarta Hadirkan Happina Project

SINAR – Kegiatan Career Development Planning (CDP) yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Surakarta pada Kamis (30/3) diikuti oleh 270 calon lulusan. Pada kesempatan kali ini acara CDP bekerjasama dengan Lembaga Happina Project dan Layanan Konsultasi Psikologi STIFIN Surakarta dengan mengangkat tema “Career Planning Berdasar Potensi Diri.”. Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk menggali potensi diri dalam minat bakat dan kompetensi yang mereka miliki sebagai calon lulusan sehingga mampu menempatkan diri secara tepat pada dunia kerja. Hal senada disampaikan oleh Wakil Dekan II FITK selaku penanggung jawab kegiatan, Hj. Siti Choiriyah, M. Ag. Upaya mengembangkan potensi diri ada 4 cara, yaitu percaya, kredibilitas, peningkatan kompetensi, dan selalu khusnudzon.

Acara yang dihadiri dan sekaligus dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Syamsul Bakri, menyampaikan bahwa untuk menggali potensi diri dengan upaya selalu berpikir positif, karena melalui berpikir positif kita semakin mudah mengembangkan diri dan menjadi power dalam menjalani hidup. “CDP ini penting karena memberi bekal tentang perspektif bagi calon alumni untuk menapaki jalan kehidupan berikutnya. Mereka sedang berada dalam masa transisi. Ibarat orang yang sedang berada di persimpangan jalan perlu pembekalan, diantaranya mengetahui potensi diri,” paparnya saat ditemui Sinar di ruang kerjanya.

Sering kali keresahan yang selama ini dihadapi sebagian calon lulusan sarjana adalah pertanyaan mengenai “Setelah lulus saya mau kemana?” dan “Apa yang perlu saya siapkan setelah lulus nanti”? Itu merupakan permasalahan bersama yang harus dipecahkan. Melalui Lembaga Happina Project dan Layanan Konsultasi Psikologi STIFIN yang diwakili oleh Khotimatun Na’imah menyampaikan bahwa dalam workshop pengembangan diri calon lulusan sebagai pertimbangan memilih profesi. Pertama, menghasilkan uang untuk alasan kita kerja harus memiliki kesiapan untuk menghidupi keluarga. Kedua, memilih pekerjaan sesuai dengan kelebihan (potensi diri) sehingga akan melakukan pekerjaan secara maksimal dan luar biasa.

Selain melalui acara workshop, Lembaga Happina Project mengajak mahasiswa calon lulusan dalam mengembangkan diri melalui tes potensi diri atau tes psikologi. Mahasiswa diajak memiliki gambaran selama 5 hingga 10 tahun ke depan terkait masa depan yang ingin dicapai. Kebanyakan yang terjadi mereka masih abstrak dalam menjelaskan masa depan mereka, mau kemana, apa yang harus diperbuat, bagaimana memulai untuk menjadi manusia yang survive. (Yin/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Sumber: Elen