Bg

Visitasi Program Studi Psikologi Islam FUD dan Pascasarjana S2 Pendidikan Agama Islam FITK

Diterbitkan tanggal 30 Maret 2017

SINAR- Tim Kementerian Agama RI yang diwakili oleh Kasubdit Pengembangan Akademik Dr. Mamat dan seorang asesor, Dr. Sutrisno, melakukan kunjungan di Kampus IAIN Surakarta, Kamis (30/3) dalam kegiatan visitasi uji kelayakan penambahan program studi yang diajukan oleh pihak IAIN Surakarta pada tahun lalu. Program studi (Prodi) yang diajukan oleh pihak IAIN Surakarta tahun lalu adalah Program Pascasarjana S2 Prodi Pendidikan Agama Islam (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan) dan S1 Prodi Psikologi Islam (Fakultas Ushuluddin dan Dakwah).

Dihadapan Tim Asesor, Ketua Tim Penyusun Proposal Pengajuan Prodi S2 PAI, Dr. Adrian, mengemukakan alasan dan latar belakang menyangkut penambahan program studi baru di kampus IAIN Surakarta. Secara garis besar proposal yang kami ajukan sama dengan yang dijelaskan, namun ada perubahan di dalam kurikulum yang berbasis KKNI yang didalam proposal belum kami masukkan”, ungkapnya.

Sedangkan Dr. Mamat menanggapi bahwa di PTKIN sekarang harus mengedepankan integrasi keilmuan dengan berbagai program studi yang tercermin didalam kurikulum pendidikannya. Harus ada distingsi dan ekstensi yang jelas agar bisa menambah nilai kekhasan diantara PTKIN yang ada”, katanya.

Rektor IAIN Surakarta mengatakan bahwa ini adalah kali pertama program pascasarjana yang dimasukkan ke fakultas. Dengan prodi yang relevan dengan pembangunan maka animo masyarakat akan semakin meningkat”, ungkapnya. (Gie/Humas dan Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Satu tanggapan untuk “Visitasi Program Studi Psikologi Islam FUD dan Pascasarjana S2 Pendidikan Agama Islam FITK”

  1. […] Pada tanggal 6 Maret 2014 mulai dibentuklah tim untuk membuat proposal Psikologi Islam. Tim bekerjasama dengan universitas – universitas lain yang sudah lebih dulu mendirikan jurusan Psikologi Islam, seperti IAIN Kediri. Tim bekerja kurang lebih 8 bulan, selama 8 bulan tim mengumpulkan data dan membuat rumusan, sehingga pada tanggal 15 Oktober 2014 secara resmi proposal Psikologi Islam diajukan ke Diktis ( Direktorat Pendidikan Tinggi Islam) dan diterima pada 21 Oktober 2014. Pada sidang Diktis di Bogor tanggal 12-13 Desember 2014 nilai proposal Psikologi Islam memuaskan yaitu dinilai 80,6. Namun ada suatu kendala yaitu ketika Psikologi Islam tidak bisa masuk ke dalam Fakultas Ushuludin dan Dakwah, Karena Diktis memasukkan Psikologi Islam untuk bergabung ke dalam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, maka terjadilah penundaan karena tim lebih memilih Psikologi Islam masuk bergabung ke dalam Fakultas Ushuludin dan Dakwah.Baru pada tahun 2016, setelah ada perubahan dan keluarnya SK Kementerian Agama disetujuilah dibukanya jurusan Psikologi Islam, maka dengan perubahan itu proposal kembali ditata kemudian dikirim kembali. Pada tanggal 7 Desember 2016 secara resmi proposal diajukan kembali dan diterima secara resmi tanggal 9 Desember 2016. Pada tanggal 30 Maret 2017 Kementerian dari Jakarta mendatangi kampus IAIN Surakarta untuk melakukan visitasi proposal. (http://www.iain-surakarta.ac.id/?p=7732) […]