Bg

2.265 Calon Mahasiswa Baru Ikuti Seleksi UM PTKIN di IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 18 Mei 2017

SINAR- Sebanyak 2.265 calon mahasiswa yang berasal dari berbagai wilayah di Jawa Tengah, dan sekitarnya akan mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2017 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Surakarta.

Ketua Panitia Lokal (Panlok) UM-PTKIN IAIN Surakarta, Dr. H. Abdul Matin Bin Salman, Lc, M. Ag. menjelaskan, ujian tertulis UM-PTKIN berlangsung selama satu hari yakni pada tanggal 23 Mei 2017.

“Para calon mahasiswa ini melaksanakan 4 jenis ujian, yaitu Tes Potensi dan Sikap Akademik, Kebahasaan, Ke-Islaman, serta Ilmu Pengetahuan Sosial/Ilmu Pengetahuan Alam (disesuaikan dengan kelompok ujian yang diambil),” ujarnya.

Tes yang diselenggarakan di kampus IAIN Surakarta ini akan  menempati 115 ruang ujian dengan kapasitas maksimal 20 peserta tes yang diawasi oleh 1 orang pengawas ujian per ruang. Dan untuk memberikan pelayanan terbaik serta memperlancar pelaksanaan ujian bagi seluruh peserta terutama penyandang disabilitas, panitia akan memasang sejumlah peta petunjuk arah lokasi ujuan dibeberapa titik strategis di sekitar kampus IAIN Surakarta.

Perlu diketahui, UM PTKIN merupakan seleksi masuk Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama dibawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI.

Hasil kelulusan ujian tertulis UM-PTKIN akan diumumkan pada tanggal 19 Juni 2017 secara online pada portal http://um-ptkin.ac.id atau di web resmi IAIN Surakarta.

Lebih lanjut, bagi peserta yang tidak lulus ujian tertulis UM-PTKIN masih dapat memiliki kesempatan untuk mengikuti tes melalui jalur Ujian Mandiri yang pendaftarannya masih dibuka hingga 5 Juli 2017 secara online via web IAIN Surakarta. (Gus/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.