Bg

Omah Jurnal IAIN Surakarta Adakan Workshop Penguatan Kapasitas Penulisan

Diterbitkan tanggal 18 Mei 2017

SINAR- Dalam rangka meningkatkan kualitas artikel dan manajemen pengelolaan online journal system (OJS), Omah Jurnal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengadakan Workshop Penguatan Kapasitas Penulisan pada Kamis (18/5) dengan narasumber Prof. Dr. Oman Fathurahman, Guru Besar Filologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang juga merupakan salah satu Asesor Jurnal Ilmiah Kemenristekdikti.

Acara yang dibuka oleh Rektor IAIN Surakarta Dr. H. Mudhofir  ini diikuti oleh dosen dan pengelola jurnal dari IAIN Surakarta dan juga beberapa kampus lain, seperti UNIDA Gontor, UGM, Untar, UPGRI, UNISRI, PP Ta’mirul Islam, UIN Sunan Kalijaga, Unnisula, IPMAFA Pati, dan UNIVET Bantara.

Dalam workshop tersebut, Prof. Dr. Oman Fathurahman membagikan pengalamannya baik sebagai penulis, pengelola jurnal, maupun peneliti. Workshop yang terbagi menjadi dua sesi ini membahas mengenai panduan memilih dan memilah artikel berbasis riset serta pedoman penilaian kualitas substansi artikel ilmiah dengan berpedoman pada skor akreditasi jurnal ilmiah. Secara umum, peserta mendapatkan pelatihan mengenai tata cara penyusunan riset yang berkualitas dan juga penjelasan mengenai pentingnya kebaruan atau novelty dalam suatu karya ilmiah. Khusus bagi pengelola jurnal, Prof. Dr. Oman Fathurahman memberikan rambu-rambu dalam memilah artikel-artikel yang layak dipublikasikan.

Prof. Dr. Oman Fathurahman menekankan bahwa upaya membangkitkan budaya riset di lingkungan universitas perlu didukung dengan pembangunan berbagai infrastruktur, misalnya: pembentukan komunitas riset, mengadakan konferensi maupun seminar ilmiah, meningkatkan tradisi sitasi, pendanaan bagi dosen yang mampu mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal bereputasi maupun di ajang akademik bergengsi, dan juga pendampingan atau mentorship. Pada akhirnya, komitmen akademik dari pimpinan, pengelola jurnal, maupun penulis menjadi kunci utama yang diharapkan mampu membantu peningkatan kualitas publikasi jurnal maupun berbagai karya ilmiah.

Demi melanjutkan komitmen akademik dalam memajukan reputasi OJS yang telah dirintis sejak 2016 lalu, masih ada dua agenda yang rencananya akan diadakan oleh Omah Jurnal di tahun 2017 ini. Dua agenda yang dimaksud adalah workshop penyuntingan di pertengahan tahun dan research exhibition di penghujung tahun.

Lebih lanjut, Rektor IAIN Surakarta memberi apresiasi dan mendukung penuh atas inisiatif Omah Jurnal dalam upayanya untuk terus meningkatkan kapasitas diri, dan dengan terselenggaranya workshop ini Rektor berharap pengelola jurnal dan para penulis dapat memperoleh arahan yang jelas, sehingga karya-karya credible nya bisa mendapat pengakuan dari institusi. (Ikke-Omah Jurnal / Gus-Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.