Bg

Prof. Ahmad Thib Raya Beberkan Rahasia Di IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 8 Agustus 2017

SINAR –Dengan tampilannya yang datar tetapi tegas dan berkarakter, Prof. Ahmad Thib Raya membagikan rahasia-rahasia agar menjadi mahasiswa unggul dan berkarakter. “Syaratnya kalian harus punya ilmu, akhlak, menjaga hubungan dengan sesama dan juga hubungan dengan Allah”, terangnya. Khusus dalam menjaga hubungan dengan sesama dan kepada Allah, Prof. Ahmad Thib Raya juga membagikan 5 kuncinya, “Jangan pernah ada iri terhadap orang lain, jangan pernah su’udzan kepada orang lain, bantulah orang yang membutuhkan sesuai kemampuan anda, jujurlah dan berdoalah kepada Allah”, terangnya.

Kedatangan Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A., atas undangan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta dalam acara Studium General atau Kuliah Umum bagi mahasiswa baru FITK 2017/2018, Selasa (7/8) di Graha IAIN Surakarta. Kuliah umum ini mengangkat tema “Urgensi Character Building Bagi Pembinaan Akhlak Mahasiswa”.

Rahasia berikutnya, Prof. Ahmad Thib Raya membeberkan bagaimana menjadi orang sholeh. Menurutnya, untuk mencapai kedudukan sholeh, para mahasiswa harus memiliki 5 hal pokok yakni; personalitas, karakter, sosialitas, religiusitas dan intelektualitas. “Jika orang memiliki unsur-unsur itu maka, dalam konsep saya, dialah manusia sholeh”, terangya.

Acara tersebut dihadiri 978 mahasiswa baru, 12 diantaranya berasal dari Thailand. Sengaja mengundang Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A., sebagai narasumber dari tokoh muslim nasional sekaligus Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pula Beliau adalah suami dari tokoh perempuan muslim, Prof. Musdah Mulia, dan merupakan kakak kandung mantan Ketua MK, Prof. Hamdan Zoelva.

Pimpinan FITK IAIN Surakarta kompak turut hadir dan mendampingi diantaranya ; Dekan FITK Dr. H. Giyoto, M.Hum., Para Wakil Dekan, Para Kajur dan Sekjur serta tak ketinggalan para dosen FITK.

Dr. H. Giyoto dalam opening ceremony, menyampaikan beberapa hal kepada para peserta, diantaranya memberikan pemahaman kepada peserta tentang dunia yang kini sedang dilalui sebagai mahasiswa baru. “Kalian sekarang menjadi manusia baru, status baru dan karakter baru”, terangnya. Dr. H. Giyoto juga menegaskan bahwa kuliah umum ini merupakan kuliah perdana yang diharapkan menjadi pondasi karakter untuk membangun pemikiran besar saat perkuliahan di FITK nanti, sesuai dengan program studinya masing-masing.

Giliran Prof. Ahmad Thib Raya, mengawali pemaparannya dengan memberikan motivasi bagi mahasiswa baru agar membangun semangat untuk sukses dengan mengisahkan profil dirinya. “Setiap orang mempunyai kesempatan untuk menjadi orang besar dengan usaha dan perjuangannya. Tidak ada pandangan yang mengatakan orang kampung tidak bisa menjadi orang besar”, jelasnya.

Saudara dari mantan Ketua MK, Prof. Hamdan Zulfa yang dalam hidupnya memegang motto “Gunakan Umur untuk Kemaslahatan Hidup” ini melanjutkan ceritanya dengan mengisahkan dirinya mulai dari kehidupan masa kecilnya di pulau terpencil, perjuangannya hingga menjadi seperti sekarang ini.

(Win/Humas Publikasi). #BanggaIAINSurakarta.

Komentar ditutup.