Bg

Pancasila Rumah Kita-Short Film Karya Anak Sastra Inggris Tembus Tingkat Nasional

Diterbitkan tanggal 28 September 2017


SINAR –
“Pancasila tidak sebatas hafalan layaknya tuntutan tugas sekolah, tuntutan musiman para petugas upacara, apalagi hanya untuk formalitas ketika mengikuti acara kenegaraan. Pancasila bisa menjadi pancasila yang sebenarnya, jika para penegak bangsa hingga penerus bangsa juga mengamalkannya. Pancasila akan sia – sia jika hanya sebatas dihafalkan, karena pancasila memiliki maksud dan tujuan disetiap silanya. Maka dari itu pancasila di anggap sebagai rumah untuk Indonesia. Karena pancasila memiliki nilai – nilai untuk belajar dan memang landasan untuk hidup bernegara. Karena rumah adalah tempat segalanya. Belajar, lading, dan tempat yang menjadi tujuan utama kemanapun kita pergi. Sama dengan pancasila, kemana saja perginya, jika kita masih berstatus warga Negara Indonesia, maka tujuan kita tetap mewujudkan nilai – nilai pancasila menjadi nyata” demikian kutipan yang disematkan dalam film pendek berjudul Pancasila Rumah Kita.

Film pendek tersebut kini telah menembus tingkat nasional dalam ajang festival film pendek PKB Movie Award yang digelar oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Di acara tersebut, terpilih tiga film terbaik setelah dilakukan seleksi terhadap 10 film terbaik sebelumnya. Sementara itu, festival film pendek PKB Movie Award tersebut melibatkan sejumlah sineas dari berbagai daerah dengan jumlah pendaftar mencapai 1600 peserta.

Literatroops Produciton yang memenangi festival film pendek tersebut tak lain adalah sekelompok mahasiswa dari Jurusan Sastra Inggris IAIN Surakarta. Reva Alfi Trianto bersama empat kawan lainnya yang seangkatan memang konsen untuk membuat film pendek. Lelaki yang tengah menempuh studi semester ketiga ini tidak menyangka pada malam anugrah PKB Movie Award (19/8/) kembali mendapatkan penghargaan lagi. Berupa sertifikat dan piagam tingkat nasional membuat semangat dan inspirasi untuk selalu berkreasi.

Berawal dari informasi yang ada di instagram dan berbekal alat yang seadanya Literatroops Produciton kembali memenangi lagi untuk kedua kalinya dalam event yang berbeda. (Gie/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.