IAIN Surakarta Luluskan 642 Mahasiswa S1 dan S2, Empat Diantaranya Tahfidz Qur’an

SINAR- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta menggelar rapat senat terbuka dengan agenda Wisuda Sarjana dan Magister ke-36 periode Oktober Tahun 2017, Sabtu (21/10). Rektor mewisuda sebanyak 642 wisudawan yang terdiri dari program Pascasarjana (S2) sebanyak 48 mahasiswa serta program Sarjana (S1) sebanyak 564 mahasiswa dengan wisudawan cumlaude sejumlah 143 wisudawan.

Pada prosesi wisuda periode ini Rektor IAIN Surakarta secara khusus memberikan apresiasi yang tinggi dengan memberikan penghargaan kepada empat wisudawan dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan atas prestasinya sebagai tahfidz Qur’an, yaitu Ilham Senjari, Fajar Mahfiroh, Isti Faizah, Lu’lu’ Fatikhatis Sholawat.

Dalam laporanya Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. H. Abdul Matin bin Salman menyampaikan bahwa dalam wisuda ke-36 ini terdapat 72 wisudawan dari Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD), 32 wisudawan dari Fakultas Syari’ah, 346 wisudawan dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), dan 144 wisudawan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Diantara 143 wisudawan cumlaude, Indek Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih Anisa Ratna Ayu Kurniasari dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan total IPK yaitu 3.86 dan masa studi selama 3 Tahun 10 Bulan, imbuhnya.

Terkait tema wisuda yang diangkat dalam wisuda periode ini yaitu “Rekonstruksi Pemikiran Islam untuk Kemajuan Pembangunan Bangsa” Rektor IAIN Surakarta Dr. H. Mudofir, M.Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa tema ini diambil untuk menegaskan kembali makna Islam dalam konteks kebangsaan. Islam harus selalu diberi konteks agar implementasinya selalu relevan dalam kehidupan yang selalu berubah dengan cepat.

Rektor berpesan pada seluruh wisudawan IAIN Surakarta untuk selalu menjadi generasi muda muslim yang berkarakter dan berdaya saing tinggi. Karena generasi muda muslim di perguruan tinggi memperoleh mandat untuk meneruskan kejayaan Islam di masa lalu untuk masa kini dan mendatang.

Lebih lanjut, Rektor mendorong seluruh wisudawan untuk dapat meneruskan cita-cita Islam sebagai pilar pembangunan bangsa dan pada saat yang sama tetap berkarya untuk kemaslahatan umat, semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan kekuatan kepada kita semua sehingga dapat melaksanakan tugas khalifatullah fil’ardh dalam levelnya masing-masing. (Gus/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta