Bg

Informasi Bidikmisi

bidikmisi

BEASISWA BIDIKMISI  IAIN SURAKARTA

JALUR UM-PTKIN dan JALUR MANDIRI

TAHUN 2017

Ketentuan Umum

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat yang lulus pada tahun 2017;
  2. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  3. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
    • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp.3.000.000,00 per bulan. Pendapatan yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir dan atau;
    • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp.750.000,00 setiap bulannya;
  4. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  5. Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.

 

Ketentuan Khusus

Lulus jalur UM-PTKIN dan Jalur Mandiri IAIN Surakarta Tahun 2017

Kuota

Kuota Bidikmisi IAIN Surakarta Tahun 2017 sebanyak 114 mahasiswa (Untuk Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Jalur Mandiri IAIN Surakarta).

Persyaratan Dokumen

  1. Print Out Formulir pendaftaran (http://ukt-bidikmisi.iain-surakarta.ac.id/) dilengkapi dengan pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) lembar dan foto rumah (sisi depan, belakang dan kamar mandi/dapur) masing-masing 1 lembar ;
  2. Formulir Rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah (Download : http://ukt-bidikmisi.iain-surakarta.ac.id/)
  3. Fotokopi Bukti Lulus UM-PTKIN, Mandiri tahun 2017;
  4. Fotokopi bukti pembayaran registrasi;
  5. Fotokopi ijazah legalisir/surat keterangan lulus tahun 2017;
  6. Fotokopi raport semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir Kepala Sekolah;
  7. Surat keterangan atau piagam penghargaan tentang peringkat siswa (di kelas, sekolah, kabupaten, provinsi, nasional dan internasional) dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ekstra kurikuler (misalnya : sebagai ketua Osis, hafal 10, 20, 30 juz) yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah atau penjabat yang berwenang;
  8. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/wali dari instansi, perusahaan, tempat orangtua bekerja;
  9. Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun;
  10. Fotokopi Kartu Keluarga;
  11. Fotokopi rekening/bukti pembayaran (listrik, telepon, Pajak Bumi dan Bangunan) bulan terakhir.

Pendaftaran

  1. Siswa yang dinyatakan lulus/diterima di IAIN Surakartamendaftar melalui (http://ukt-bidikmisi.iain-surakarta.ac.id/)
  2. Siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran secara online harus menyerahkan kelengkapan berkas (dokumen) sebagaimana yang disyaratkan kepada panitia penerimaan beasiswa bidikmisi

Waktu Pendaftaran

1 Jalur UM-PTKIN
Pendaftaran : 03 – 05 Juli 2017
Penyerahan Berkas : 11 – 14 Juli 2017
Tempat : Sub Bagian Kemahasiswaan, Alumni  dan Kerjasama (Gedung Rektorat Lt.2)
2 Jalur Mandiri
Pendaftaran : 11– 19 Juli 2017
Penyerahan Berkas : 19 – 21 Juli 2017
Tempat : Sub Bagian Kemahasiswaan, Alumni  dan Kerjasama (Gedung Rektorat Lt.2)

Mekanisme Seleksi

  1. Panitia Penerimaan Beasiswa Mahasiswa Bidikmisi melakukan seleksi terhadap pendaftar sesuai persyaratan dan kriteria yang ditetapkan IAIN Surakarta;
  2. Seleksi ditentukan oleh panitia dengan memprioritaskan pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi,pendaftar yang mempunyai prestasi akademik yang paling tinggi,dan memperhatikan asal daerah;
  3. Untuk memastikan kondisi ekonomi pendaftar, panitia seleksi akan melakukan kunjungan ke alamat pendaftar;
  4. Hasil seleksi akan diumumkan di Web(http//www.iain-surakarta.ac.id)

 

Prosedur Pengajuan Bidikmisi

NO

WAKTU

KEGIATAN

1

a.   Jalur UM-PTKIN   :

03– 05 Juli 2017

b.   Jalur Mandiri   :

11 – 19 Juli 2017

Pendaftaran :

Mendaftar pada laman

http://ukt-bidikmisi.iain-surakarta.ac.id/

 

2

 

a.    Jalur UM-PTKIN  :

11 – 14 Juli 2017

b.    Jalur Mandiri :

19 – 21 Juli 2017

Penyerahan berkas :

Menyerahkan berkas pendaftaran dalam map berwarna :

  • Merah Fak.Ilmu Tarbiyah dan Keguruan;
  • Biru Fak. Ushuluddin dan Dakwah;
  • Hijau Fak. Ekonomi dan Bisnis Islam;
  • Kuning Fak. Syariah.

dengan urutan berkas sebagai berikut :

1.     Formulir pendaftaran dilengkapi dengan pasfoto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) lembar dan foto rumah (sisi depan, belakang dan kamar mandi/dapur) masing-masing 1 lembar ;
2.     Formulir Rekomendasi Kepala Sekolah / Madrasah;
3.     Bukti Lulus UM-PTKIN, Mandiri;
4.     Fotokopi bukti pembayaran registrasi;
5.     Fotokopi ijazah legalisir/surat keterangan lulus;
6.     Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
7.     Surat keterangan atau piagam penghargaan tentang  peringkat siswa (di kelas, sekolah, kabupaten, provinsi, nasional dan internasional) dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ekstra kurikuler (misalnya : sebagai ketua Osis, hafal 10,20,30 juz) yang disahkan(legalisasi)oleh Kepala Sekolah atau penjabat yang berwenang;
8.    Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/wali dari instansi, perusahaan,tempat orangtua bekerja;
9.   Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun;
10. Fotokopi Kartu Keluarga;
11. Fotokopi rekening/bukti pembayaran (listrik, telepon, Pajak Bumi dan Bangunan) bulan terakhir.

 

Update pengumuman dapat di akses DISINI

Terakhir diubah pada tanggal 20 Juni 2017