IAIN Tutup Pendaftaran Online Nasional 15 Juni

SOLO - Untuk kedua kalinya IAIN Surakarta mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa (SPMB) Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) secara nasional. Tahun ini batas pendaftaran berakhir pada 15 Juni 2012 dan akan dilaksanakan ujian secara nasional 19 Juni mendatang.

Pembantu Rektor I IAIN Surakarta, Dr Mudhofir Abdullah, mengatakan, minat masyarakat untuk kuliah di IAIN terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Tahun lalu IAIN Surakarta secara online diminati 200 peserta dalam SPMB tingkat Nasional, namun tahun ini naik tiga kali lipat menjadi sekitar 600 peserta.

Ia menjelaskan, pendaftaran dilakukan SPMB Nasional dilakukan secara online serentak dengan PTAIN seluruh Indonesia. Sehingga masyarakat di wilayah manapun bebas memilih PTAIN yang diminati melalui pendaftaran online. "Batas pendaftaran kita 15 Juni dan ujiannya 19 Juni," terang Dosen Syariah tersebut.

Mudhofir meengatakan, hingga saat ini jurusan favorit yang diminati masyarakat masih diduduki Tarbiyah atau Pendidikan Agama Islam (PAI), dilanjutkan dengan Ekonomi Syariah dan Pendidikan Bahasa Inggris. Sedangkan jurusan Islam, seperti halnya Syariah atau Hukum Islam, Dakwah dan Komunikasi, Ushuludin dan lainnya masih tergolong stagnan. "Ini disebabkan karena masyarakat banyak yang belum tahu tentang jurusan yang berkaitan dengan agama," ungkapnya.

Ia menambahkan, pendaftaran masuk IAIN Surakarta tidak hanya dilakukan melalui jalur SPMB Nasional. Namun IAIN juga membuka pendaftaran mandiri. Sudah sejak beberapa bulan lalu, IAIN surakarta menerima pendaftaran mandiri sekaligus seleksi mandiri.

Setelah berakhir 15 Juni secara online, masih akan dibuka pendaftaran mandiri yang datang langsung ke kampus yaitu 16 Juni hingga 1 Agustus 2012. "Materi tes antara online dan mandiri sama yaitu tertulis. Namun IAIN juga membuka bebas tes melalui  penelusuran tertentu," pungkas Mudhofir.

AddThis Social Bookmark Button

TRANSLATION

Indonesian Arabic English

BERITA TERKINI

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

ARSIPAN IAIN SURAKARTA