IAIN Surakarta Buka Dua Jalur SPMB

SOLO - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta membuka dua jalur pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) 2013, yaitu jalur Prestasi Akademik (PA) dan Ujian Tulis (UT). Pembantu Rektor (PR) I Bidang Akademik IAIN Surakarta, Dr. Mudofir Abdullah, mengatakan pembukaan dua jalur itu berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Nomor SE/Dj.I/PP.00.9/02/2011, tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada seluruh UIN/IAIN/STAIN di Indonesia yang dilakukan secara bersama.

Menurutnya, SPMB-PTAIN merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak. Untuk SPMB IAIN, sambungnya akan menjaring Mahasiswa Baru (Maru) pada setiap Program Studi (Prodi) melalui jalur PA 50 persen, Jalur UT 30 persen dan jalur mandiri 20 persen. Untuk jalur penerimaan mandiri ini akan dibuka setelah jalur PA dan UT ditutup, katanya saat ditemui wartawan di gedung Rektorat kampus setempat, Jumat (1/2/2013).

Adapun syarat untuk bisa mengikuti seleksi ini adalah siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pondok Pesantren kelas XII (dua belas) yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada tahun 2013 dan memperoleh rekomendasi dari kepala sekolah. Ia mengatakan, untuk jalur PA siswa memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala sekolah/ Madrasah yang sama mulai dari semester III, IV dan V dengan ketentuan akreditasi. “Pendaftaran jalur PA akan dimulai pada 13 Februari hingga 21 Maret 2013 dan dilakukan seleksi pada 22 Maret hingga 21 Mei 2013. Setelah itu hasilnya akan diumumkan pada 31 Mei 2013,” jelasnya.

Untuk jalur UT, kata Mudofir akan dilakukan tes. Tes pertama akan dilaksanakan pada Selasa, 25 Juni 2013, meliputi tes potensi akademik, tes bidang studi dasar dan tes wawasan keislaman. Tes kedua dilaksanakan pada Rabu, 26 Juni 2013, meliputi tes bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan tes bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kemudian hasil ujian akan diumumkan pada Sabtu, 20 Juni 2013. Untuk mengetahui hasilnya, peserta dapat mengakses di laman (website) resmi http://www.spmb-ptain.ac.id, ungkapnya. Lebih lanjut, Mudofir mengatakan, jalur UT ini biaya pendaftaran akan dibebankan pada setiap peserta sebesar Rp150.000  untuk kelompok IPA dan IPS. Sedang untuk kelompok Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC) sebesar Rp175.000. “Untuk mengetahui lebih jelas Informasi tentang persyaratan, cara pendaftaran, jenis ujian, jadwal, biaya, dan kelompok Prodi, baik kelompok IPA maupun IPS, dapat diakses di laman (website) resmi http://www.spmb-ptain.ac.id,” imbuhnya.(bib)

AddThis Social Bookmark Button

TRANSLATION

Indonesian Arabic English

BERITA TERKINI

IAIN Surakarta Telah Menyumbang 436 Intelektual Muda
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

ARSIPAN IAIN SURAKARTA