Kolaborasikan Islam dan Seni, ISI Gandeng IAIN Surakarta

SOLO – Institut Seni Indonesia (ISI) Solo mengadakan penandatanganan nota kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta tentang kerjasama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) di ruang senat Rektorat IAIN Surakarta, Kamis (7/2/2013).

Rektor ISI Solo, Prof. Dr. Slamet Suparno, MS. Mengatakan MoU merupakan payung regulasi (hukum) Perguruan Tinggi (PT), yakni ISI Solo dan IAIN Surakarta untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki antara ISI dan IAIN. Menurutnya, kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam hal ini, lanjut Slamet, MoU antara ISI dan IAIN dilakukan dengan melakukan pertukaran tenaga pengajar (dosen), mahasiswa, materi, dan fasilitas perkuliahan serta informasi akademis dengan asas saling melengkapi dan saling menguntungkan. “IAIN Surakarta ini kan merupakan Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTAIN). Jadi, dengan adanya MoU ini nantinya dapat IAIN Surakarta dapat mengkolaborasikan antara seni dan agama Islam. Begitu sebaliknya, ISI dapat mempelajari agama islam dari IAIN Surakarta,” jelas Slamet saat ditemui wartawan di ruang Rektor IAIN Surakarta.

Langkah pertama dari kerjasama itu adalah akan diadakannya Pentas Bersama Pertunjukan dan Pameran Seni Rupa ISI Solo di IAIN Surakarta. Ia memilih IAIN sebagai tempat kegiatan adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa IAIN tidak hanya mengajarkan pemahaman agama (Islam) saja, namun juga terdapat nuansa seni dan budaya.

Ini nanti tidak hanya pameran dan pertunjukan seni budaya, namun juga ada kegiatan seminar yang membahasa tentang seni dan budaya islam,” ungkapnya. Slamet berharap dengan adanya MoU itu dapat menambah wawasan khususnya mahasiswa ISI terhadap pemahaman agama (Islam) dan budaya Jawa.

Sementara Rektor IAIN, Dr. Imam Sukardi, M. Ag, mengatakan wawasan seni di IAIN Surakarta dinilai belum maksimal. Sehingga, lanjut Imam dengan adanya MoU itu dapat mengangkat kembali seni di IAIN Surakarta. “Paling tidak, dengan adanya kerjasama ini dapat menambah modal untuk mengembangkan simbiosis antara islam dan budaya Jawa secara maksimal di IAIN Surakarta,” terang Imam.(bib)

AddThis Social Bookmark Button

TRANSLATION

Indonesian Arabic English

BERITA TERKINI

IAIN Menyambut Kurikulum Berbasis KKNI
LP2M IAIN Surakarta Menggelar Seminar Hasil Penelitian
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

ARSIPAN IAIN SURAKARTA